Top Rated

  • 0
  • 15
  • 6
  • 1,077,643
  • 140,458
  • 2,193
  • 0
  • 521
  • 0
  • 0
  • July 13, 2017



web statistics


RPP Hidrokarbon-Identifikasi Unsur C-H-O Dalam Senyawa Karbon



Untitled Document

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(KELAS KONVENSIONAL)

 

IDENTITAS MATA PELAJARAN

    1. Nama Sekolah            :    SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO
    2. Mata Pelajaran          :    Kimia
    3. Materi Pokok           :    Senyawa Hidrokarbon
    4. Sub Materi Pokok      :    Identifikasi Unsur C dan H serta Kekhasan Atom Karbon
    5. Kelas                   :    X
    6. Semester                :    2
    7. Program                 :    Umum
    8. Jumlah Pertemuan      :    1 kali pertemuan (2 x 45 menit)

STANDAR KOMPETENSI

4.    Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul

KOMPETENSI DASAR

4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

  1. Kognitif
    • Mengidentifikasi keberadaan unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui kegiatan praktikum.
    • Membedakan antara senyawa organik dengan senyawa anorganik
    • Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon
    • Mengidentifikasi jenis ikatan kovalen antara 2 atom C dalam rantai karbon
    • Membedakan antara atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner dalam senyawa karbon
  2. Afektif
    • Aktif mendengarkan
    • Aktif bertanya
    • Aktif menyampaikan pendapat
    • Aktif bekerjasama dalam diskusi kelompok
  3. Psikomotor
    • Terampil melakukan percobaan identifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon
    • Terampil merangkai molymood seperti yang diharapkan

TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Kognitif
    • Melalui kegiatan praktikum, siswa dapat menguji keberadaan unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon
    • Melalui diskusi hasil eksperimen, siswa dapat menjelaskan pengertian senyawa karbon
    • Melalui diskusi, siswa dapat menyebutkan contoh senyawa karbon dalam kehidupan sehari-hari
    • Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon
    • Melalui diskusi, siswa dapat menyebutkan jenis ikatan kovalen antara 2 atom C dalam rantai karbon.
    • Melalui diskusi, siswa dapat membedakan antara atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner dalam senyawa karbon
  2. Afektif
    • Siswa aktif menjadi pendengar yang baik
    • Siswa aktif bertanya
    • Siswa aktif menyampaikan pendapat
    • Siswa aktif bekerjasama dalam diskusi kelompok
  3. Psikomotor
    • Siswa terampil melakukan percobaan mengidentifikasi keberadaan unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon
    • Siswa terampil merangkai molymood sesuai yang diharapkan

MATERI AJAR           

  • Identifikasi atom C,H dan O.
  • Kekhasan atom karbon.
  • Atom C primer, atom C sekunder , atom C tertier, dan atom C kuarterner.

ALOKASI WAKTU

1 kali pertemuan (2 x 45 menit)

METODE PEMBELAJARAN

  • Informasi
  • Eksperimen
  • Diskusi
  • Penugasan

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Belajar

Aktivitas Guru

Waktu (Menit)

Kegiatan Awal

Prasyarat pengetahuan:
Siswa telah memahami Ikatan kimia pada pelajaran yang lalu
Motivasi dan Apersepsi:

  • Pernakah kalian membakar kertas?
  • Apakah yang terjadi pada kertas tersebut?
  • Bagaimana menguji keberadaan unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon?
  • Mengapa atom C dapat membentuk 4 ikatan kovalen yang kuat?
  • Apakah yang dimaksud dengan senyawa karbon?
  • Bagaimana karakteristik atom karbon?

Pra eksperimen:

  • Berhati-hatilah pada saat menggunakan peralatan laboratorium

5’

Kegiatan Inti

  • Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
  •  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk menguji keberadaan unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon
  • Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
  • Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
  • Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
  • Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan karakteristik atom karbon.
  • Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai posisi atom C dalam rantai karbon (atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner).
  • Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan jenis ikatan kovalen antara 2 atom C dalam rantai karbon.
  • Peserta didik memperhatikan perbedaan ikatan tunggal dan ikatan rangkap yang disampaikan oleh guru.

75’

Kegiatan Akhir

  • Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
  • Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

10’

ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR       : 

  1. Alat dan Bahan:
    • Molymood
    • Media: LCD
    • Lembar kegiatan Siswa : Praktikum identifikasi Unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon
  2. Sumber Belajar:
    • Pegangan Siswa
      • Buku Kimia SMA : Permana, Irvan. 2009. Memahami Kimia 1: SMA/MA Untuk Kelas X, Semester 1dan 2. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan nasional.
    • Pegangan Guru
      • Sunarya, Y. dan Setiabudi, A. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Kimia 1 : Untuk Kelas X  Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
      • Chang, Raymond. 2011.General Chemistry : The Essential Concepts. 6th ed. New York: McGraw-Hill.

PENILAIAN:

  1. Teknik Penilaian:
    • Aspek kognitif           :    Tes tertulis                   
    • Aspek afektif             :    Sikap siswa selama pembelajaran berlangsung                       
    • Aspek psikomotorik   :    Produk hasil percobaan                       
  2. Bentuk Instrumen:
    • Pilihan Ganda
    • Lembar pengamatan sikap siswa
    • Lembar observasi selama diskusi kelompok
    • Lembar observasi kinerja menggunakan molymood
    • Lembar observasi kinerja praktikum

PEDOMAN PENILAIAN

Penilaian Kognitif

Tabel penilaian hasil tes

No

Nama siswa

Nomor soal

Skor

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai =
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75

Penilaian Afektif

Tabel pengamatan aktivitas siswa dalam diskusi

No.

Nama siswa

NIS

Indikator Aktivitas Siswa

Skor

1

2

3

4

5

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

Skala penilaian: 1 = sangat kurang 2 = kurang  3 = cukup 4 = baik  5 = sangat baik
Indikator / aspek penilaian aktivitas siswa dalam diskusi

  1. Keaktifan bertanya
  2. Keaktifan dalam mengemukakan pendapat
  3. Keaktifan bekerjasama dalam diskusi kelompok
  4. Keaktifan bekerjasama dengan kelompok untuk melakukan percobaan
  5. Kehadiran siswa dalam kelompok

Tabel pengamatan Sikap siswa

No.

Nama siswa

NIS

Indikator Sikap Siswa

Skor

1

2

3

4

5

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

Skala penilaian: 1 = sangat kurang 2 = kurang  3 = cukup 4 = baik  5 = sangat baik
Indikator / aspek penilaian sikap siswa

  1. Kedisiplinan
  2. Kerjasama
  3. Kejujuran
  4. Etika
  5. Tanggung jawab

Penilaian Psikomotor

Tabel pengamatan keterampilan merangkai molymood

No

Nama Siswa

Skor

1.

 

 

2.

 

 

3.

 

 

Dst

 

 

Skala penilaian: 1 = sangat kurang 2 = kurang  3 = cukup 4 = baik  5 = sangat baik

Tabel pengamatan keterampilan melakukan praktikum menguji keberadaan unsur C, H, dan O dalam senyawa organik

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Skor

1

2

3

4

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

Aspek penilaian adalah :

  1. Ketrampilan merangkai alat
  2. Kerapihan mengatur alat dan bahan
  3. Ketrampilan mengisi tabel pengamatan
  4. Ketrampilan membersihkan dan membereskan alat dan bahan

Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 sampai 5

Penafsiran angka: 1 = 60 2 = 70  3 = 80  4 = 90  5 = 100

 


One Response to RPP Hidrokarbon-Identifikasi Unsur C-H-O Dalam Senyawa Karbon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

November 2017
M T W T F S S
« Jul    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Gratis Buat Guru

Hosting Gratis Indonesia

Twiter